-->

Perkara Yang Wajib Buat Orang yang Mencari Ilmu


Bismillahirrahmanirrahiim
  
Saudara yang akan di bahas dalam ilmu piqih kali ini diantaranya :
1. Adab seorang pencari ilmu
2. Pasal/masalah Haid
3. Masalah Tahun Haid
4. Masalah paling sedikit masa haid
5. Gahlib/kebanyak masa haid

muda-mudahan bisa kita bahas bersama ...Aamiin.
kita lanjut yang pertama.   

Kali ini akan menjelaskan tentang hal apa saja yang wajib dilakukan oleh orang yang mencari ilmu, jangan sampai orang melakukan tholab (mencari ilmu) tapi salah tujuan dalam melakukan tholabnya itu.
mari kita ngaji bareng....
يجب لكل طالب
Wajib bagi setiap orang yang mencari ilmu (Tholab)
 
1. Wajib niat, niat untuk mencari ilmu itu hanya semata-mata untuk mencari Ridho Alloh SWT,niat ini menjadi pokok utama, karena sesuatu itu pada niatnya kenapa demikian dalam tholabul ilmi harus Niat Ikhlas Karena Alloh semata ? sebab hanya karena Alloh SWT, kita mampu untuk mencari ilmu dan Karena Nya kita diberi ilmu, dan yakin bahwa kehidupan ini hanya sementara, ada alam akhirat yang Alloh ciptakan untuk hidup yang kekal, dimasa yang akan datang
dan lagi Niat untuk menghilangkan kebodohan yang ada dalam diri kita, karena umat isllam di tuntut untuk Cerdas, baik cerdas Akal Ghorizinya maukun Akal Ruhaninya, dan lagi Niat untuk menghidupkan Syiar Agama, dan menetapkan islam. sesuai hadis Rosululloh SAW :
2. Wajib Niat bagi orang yang mencari Ilmu, sebagai tanda syukur kita kepada Alloh SWT atas Nikmat diberi akal yang sehat lagi sempurna, dan nikmat diberi kesehatan jasmani, dan ada niat sedikitpun dengan melaksanakan Tholab Iilmu itu supaya orang-orang menghormati, memuliakan dan menghadap pada dirinya, sehingga urusan dunia yang jadi tujuannya.

3. Wajib memilih Guru yang dapat mengantarkan dirinya menuju kebaikan, Guru yang mempunyai sipat-sipat Waro (sederhana) yang berakhlak baik. 

4. Harus memilih Shohib (teman) yang baik, teman yang baik itu bukan teman yang selalu mengiyakan sesuatu terhadap kita, tapin teman yang baik itu teman yang dapat menasehati kita ketika berada dalam keburukan, memilih teman dalam tholabul ilmi sangat penting.

5. Apapun Ilmu itu yang berhubungan dengan agama, walaupun telah mengetahui ilmu itu, kita sebagai pencari ilmu harus tetap mengagungkan akan ilmu itu, dan Ta'dzim(menghormati) terhadap ahli ilmu, tentunya guru yang telah mendidik kita

6. Harus mendengarkan ilmu, apapun itu, dengan penuh hikmah dan hurmat terhadap ilmu itu
7. Ketika belajar ilmu-ilmu, jangan memilih jenis ilmu yang kita inginkan, melainkan menyerahkan segala urusan kepada guru, apalagi menawar suatu ilmu yang ingin dipelajari, itu tidak baik bagi si pencari ilmu.

8. Jangan duduk bersama dengan guru terlalu dekat, apalagi sejajar, tapi sebagai murid yang baik akan merasa malu dan hormat terhadap gurunya, jangan jadikan guru derajatnya seperti teman sebaya, tapi kalau posisi guru sebagai teman dalam membuka ilmu tidak apa-apa, tapi dengan tetap menjaga dan menghormatinya layaknya seorang Guru.

9. Pelajaran yang telah dipelajari kita ulang dan telaah, di awal malam atau di akhir malam
10. jangan sibuk dengan sesuatu yang bukan dari pengetahun (ilmu)

11. Amalkan dari apa yang diperoleh dari pendidikan ilmu itu yang bersumber dari Al-Qur'an dan sunnah dan keterangan dari para ulama-ulama dari keterangan kitab-kitab klasik yang dipelajari, karena semua itu semua pusatnya dari Al-qur'an dan sunnah.

12. Berakhlaklah yang baik

13. Berpakaianlah layaknya seorang murid yang baik

masih banyak lagi kalau kita lihat dari beberapa ulama sholeh yang mengharuskan bila seseorang mau tholabul ilmi maka harus melakukan adad (tatacaranya yang baik) tapi kita anggap itu cukup....
kita lanjutkan ke Bab selanjutnya .....



0 Response to "Perkara Yang Wajib Buat Orang yang Mencari Ilmu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel