-->

Kajian Al Hikam Hikmah Ke 2 -Maqom Asbab dan Maqom Tajrid

Kajian Al Hikam Hikmah Ke 2 -Maqom Asbab dan Maqom Tajrid - Salam update lagi dengan admin , semoga kalian semua selalu mendapatkan hidayah dan taupiq Alloh SWT, kita langsung saja, menyampaikan hikam ke 2 dari al hikam, ini berkaitan dengan maqom, atau disebut juga kedudukan, sebelumnya mengingatkan , semoga kita dapat memahami kajian kali ini, karena mafhum kitab al hikam ini kitab tua yang masih sangat populer pada zaman saat ini, karena apa, karena kemurnian tauhidnya.
Kajian Al Hikam Hikmah Ke 2 -Maqom Asbab dan Maqom Tajrid

Hikmah ke 2 : Maqom Asbab dan  Maqom Tajrid

Kajian Al Hikam Hikmah Ke 2 -Maqom Asbab dan Maqom Tajrid

Artinya : Keinginanmu untuk bertajrid ( keinginan khusus ibadah dan berusaha meninggalkan mencari rezeki ) sedangkan Alloh yang menempatkanmu didalam Asbab, maka ketahuilah itu merupakan salah satu keinginan syahwat yang tersembunyi. Dan keinginan mu masuk kedalam maqom asbab sedangkan Allah menempatkan mu di dalam maqom tahrid, adalah sesuatu hal yang sangat rumit, dan turunnya semangat untuk mencari rezeki

Penjelasan Hikmah ke 1
Bismillahirrahmaanirrahiim

Allah SWT. telah menciptakan sistim sebab akibat di dunia ini dengan sangat rapinya .Yang selanjutnya manusia menyusun sistim dalam kehidupanya berdasarkan akal , panca indera serta rasa yang telah dibekalim oleh Allah untuk mengatur bumi ini sebagai Khalifah .
Maka dengan penelitian hukum Allah ( Sunnatullah ) tersebut , manusia mampu menemukan berbagai macam penemuan ilmu dan pengetahuan seperti  Ilmu Falak ( Astronomi, Ilmu kedokteran, Matematika ( Ilmu Hisab) , Thnologi dan sebagainya . Yang kesemuanya itu untuk kemaslahatan dan kebaikan manusia .Sistim sebab akibat inilah yang telah menjadi sandaran perjalanan manusia .

Namun dengan penyandaran hukum sebab akibat ini,kadang membuat manusia menjadi lalai akan peran Allah swt. dalam kehidupanya. Sehingga menyebabkan manusia bergantung kepada amalnya dan lupa akan siapa yang menciptakan sebab akibat tersebut.
Manusia yang mengandalkan kekuatan sebab untuk mendapatkan akibat ( hasil ) itu yang dinamakan ahli asbab .
Perjalanan hukum sebab akibat sering membuat manusia lupa akan kekuasaan Allah .
Mereka melakukan sesuatu dengan penuh keyakinan bahwa akibat akan lahir dari sebab seolah olah allah tidak ikut campur dalam urusan mereka itu.Maka disitulah terselip kesyirikan tanpa disadarinya . Itulah Syirik yang tersembunyi , padahal syirik adalah dosa besar.

Keyakinan penuh pada hukum sebab akibat seolah olah Taqdir Allah telah diruntuhkan dan tidak berlaku . Hal itu sama bahayanya dengan para penyembah berhala.
Maka disitulah Allah telah mengutus para Nabi dan Rasul dengan mukjizatnya guna merombak pemikiran dan keyakinan penuh kepada hukum sebab akibat .Nabi dan Rasul mengajarkan dan mengenalkan Pencipta sebab akibat yaotu Allah Maha Pencipta segala galanya. Dengan begitu manusia dikenalkan kepada Allah yang hanya kepada Nya lah tempat bersandar dan bergantung serta harapan .Sehingga akan selamat dari kesyirikan sebab akibat .

Selama manusia hidup di muka bumi ini maka dia tidak mungkin terlepas dari sistem sebab akibat yang diciptakan allah. Firman Allah dalam surat Al-Hadid : 1 & 2 yang artinya :

Segala sesuatu yang ada di langit dan bumi bertasbih kepada Allah , dan Dialah yang Maha Kuasa , lagi Maha Bijaksana. Hanya Dialah yang menguasai langit dan bumi , dia menghidupkan dan mematikan,Dan dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Orang yang menyadari kekuasaan Allah dalam bentuk hukum sebab akibat tadi dan meletakan kebergantunganya hanya kepada Allah dan tidak bergantung kepada amal maka orang tersebut dinamakan ahli tajrid .

Ahli tajrid melakukan amal sebagaimana ahli asbab yang mengikuti sunnatullah yaitu hukum sebab akibat , namun perbedaanya adalah penyaksian dalam hati .
Ahli asbab berkeyakinan pada sebab akibat sedangkan ahli tajrid berkeyakinan melakukan amal sebagaimana yang diperintah Allah mengikuti sebab akibat dan hasilnya berharap penuh dari Allah.

Sebuah ungkapan mengatakan :
Memungkiri hukum sebab akibat adalah suatu kebodohan sedangkan bergantung kepada hukum sebab akibat adalah Syirik .


0 Response to "Kajian Al Hikam Hikmah Ke 2 -Maqom Asbab dan Maqom Tajrid "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel