-->

Tata Cara Agar Khusu' Dalam Melakukan Ibadah Shalat

Tata Cara Agar Khusu' Dalam Melakukan Ibadah Shalat - Salam sahabat semua, dalam melakukan ibadah terkhusus Shalat yang 5 Waktu, agar dalam pelaksanaannya dilakukan dengan khudur hati (menghadirkan hati) supaya ada dalam kekhusu'an yakni shalat Shubuh, Dzuhur, Asar, Magrib, Isya, dianjurkan untuk khusu' namun terkadang dalam melaksanakannya jauh dari yang diperintahkan, karena kita tidak tahu kiat-kiatnya agar shalatnya khusus. Kenapa Harus Khusu' dalam Shalat ? karena yang akan mendapatkan kebagiaan mutlak hanya orang yang shalatnya khusu' sebagaimana yang sudah di firmankan oleh ALLOH SWT dalam QS. Al Mu'minun ayat 1-2, silahkan baca dan hayati artinya. Untuk itu , kami akan menulis kita-kiat agar dalam shalat didirikannya secara khusu'.


8 Kiat Agar Shalat Khusu'

Dalam pencapaian shalat dengan khusu' maka bebarapa tips ini , dapat anda lakukan, untuk berupaya melakukannya secara khusu'

1. Ikhlas dalam Mendirikannya

Ikhlas menjadi point pertama yang harus kita lakukan, karena ini sesuai dengan firman-Nya dalam QS. AL Bayyinah ayat ke 5, silahkan lihat pada suratnya : dalam beberapa hadist juga banyak disabdakan oleh baginda tercinta, bahwa ikhlas pondasi pertama dalam upaya kita mencapai shalat yang khusu'. Ikhlas ada dalam hati, maka mustahil tercapai sholat khusu' apabila hatinya tidak ikhlas.

2. Rasakan Sholat kita sedang Menghadap Allah SWT

Poin yang kedua adalah menghadirkan perasaan serasa sedang menghadap Alloh SWT, ini adalah upaya untuk mencapai kekhusu-an, dan ingat ini adalah manifestasi dari IHSAN, ketika Baginda Tercinta ditanya oleh Jibril Ya Rosulallah apa itu ihsan, Rosul Menjawab, Ihsan adalah :

Engkau beribadah kepada Allah SWT seakan-akan engkau melihatnya,jika engkau tidak bisa melihat Alloh, Maka Dia (Alloh) Melihat-mu.

3. Memahami apa-apa yang di baca dalam Shalat

Paham kepada apa yang dibaca dalam shalat merupakan salah satu upaya kita untuk mendapatkan kekhususan, walaupun sebenarnya khusu itu pemberian Alloh SWT, dan uapay itu tidak menjamin tercapainya kekhusu-an,  bahkan ada orang yang memang sudah paham betul terhadap apa yang dibaca dalam shalat, namun khusu enggan didapat, tapi janganlah putus harapan, semoga saja upaya yang kita lakukan mendapatkan hasil yang baik disisi-NYA.

4. Tarkul 'Ajalah (tidak Terburu-buru)

Dalam melakukan Shalat jika usaha kita ingin mendapatkan hasil yang baik , maka janganlah terburu-buru dalam shalat dengan kata lain kita harus Thumaninah dalam sholat tersebut. jangan terlalu cepat, karena akan merusak bacaan yang dibaca dalam shalat , terkhusus dalam bacaan surat al-fatihah, karena itu salah satu rukun shalat, maka jika tidak baik bacaan fatihahnya, maka efeknya shalatnya pun tidak sah.

5. Memperdalam ilmu baca tulis Al-Qur'an

Tugas kita semua, untuk terus memperbaiki bacaan-bacaan dalam sholat kita. Bacaan yang tartil akan membawa suasana hati menjadi tenang dan akan membawa kedalam sholat yang khusu', maka terus belajar dalam bacaan terutama mukhorijul khurufnya, perdalam, apalagi ditugaskan menjadi imam shalat, maka untuk memperindah bacaan menjadi keharusan, bukan untuk pamer bacaan, namun tujuannya kembali kepada nomor satu, yaitu ikhlas. melaksanakan perintah Alloh SWT.

6. Mengetahui Keutamaan Sholat Khusu'

Umat muslim tentunya melakukan sholat harus full sehari 5 waktu, jika masih ada yang masih tertinggal, maka cepatlah bertaubat, agar dosa-dosanya diampuni Alloh SWT, selain itu orang yang sholat harus mengetahui keutamaan sholat khusu, agar tertanam semangat dalam hatinya, ingin meraih kekhususan setelah tahu akan keistimewaan orang yang sholatnya khusu'. Inilah beberapa keutamaan sholat Khusu' :
  • Dosa-dosanya akan terampuni (dihapuskan)
  • Mendapatkankesenangan, kebahagiann diakhirat, (QS AL-Mu;minun ayat 1-2)
  • Pahala yang begitu besar
  • Keimanan akan terus bertambah, keteguhan hati akan semakin kuat
  • Mendapatkan gelar Insan Kamil (manusia terbaik)
  • Dipuji Alloh SWT sebagai orang yang sempurna ilmu dan imannya
  • Termasuk golongan orang yang takut kepada Alloh
  • Diselamatkan dari kobaran api neraka dan dimasukan kedalam Surga
7. Harus Mengetahui Ancaman orang yang  lalai sholatnya

Minimal umat muslim mengetahui siksaan dan anacaman bagi orang yang lalai, yakni orang yang dalam melakukan shalatnya itu hanya untuk meringankan kewajiban saja, itu sebenarnya tidak baik. maka ancaman bagi. dan pengetian lalai sampai juga kepada orang yang melakukan sholatnya namuan tidak khusu'

8. Berdoa kepada Alloh SWT agar diberikan Sholat Khusu'

Usaha terakhir adalah Meminta doa, karena upaya dan cara sudah dilakukan untuk mencapai sholat khusu'. Dan jangan sekali-kali berhenti berdoa, karena hanya Dialah yang memberikan kekhusuan kepada kita semua. Karena Usaha tanpa Doa , bohong, Doa, tanpa Usaha Sombong , maka teruslah berdoa.

itulah beberapa kiat-kiat dalam upaya mendapatkan kekhusuan, dan terus untuk mengupayakan
terima kasih semoga bermanfaat.

#kiatsholat khusus, #isra Mi'raj #tatacara s

0 Response to "Tata Cara Agar Khusu' Dalam Melakukan Ibadah Shalat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel