-->

Tuntunan Tata Cara Niat dan Doa Sholat Tahajud

Bismillahirrahmaanirrahiim. Sahabat..... kali ini kita akan bahas tentang " Tuntunan Tata Cara Niat dan Doa Sholat Tahajud " sudah kita maklumi bahwa Sholat Tahajud merupakan salah satu shalat sunat yang di anjurkan oleh Rosulullah SAW, maka untuk itu perlu kita ketahui sekaligus memahami tentang tatacaranya.

Shalat Tahajud

Sholat Tahajud

Tata cara Sholat Tahajud, sebenarnya tidak jauh beda dengan shalat pada umumnya, yaitu diawali dengan Niat Shalat Tahajud dan tentunya di akhiri dengan salam, sedang pengertian dari sholat tahajud adalah shalat sunah yang dikerjakan pada waktu malam dan alangkah lebih baik dalam melakukannya waktu utamanya adalah 1/3 malam kisaran jam 01.00,  dan dilakukan setelah tidur dulu, karena apa.? karen apabila dilaksanakannya sebelum tidur dulu maka hukumnya  shalat tersebut hanya dihitung shalat sunnah biasa, maka dengan itu kita di anjurkan tidur dulu. Adapun Hukumnya Shalat Tahajudn adalah Sunnah Muakad yaitu sunnah yang sangat dianjurkan

Niat Sholat Tahajud

Niat dalam pelaksanaan shata sunah Tahajud, sama yaitu ketika TAKBIROTUL IHRAM dalam shalat ..Lapad Niatnya : 

اصلى سنّØ© التّهجد ركعتين مستقبل القبلة لله تعالى
 
Terjemahannya : "USHALLI SUNNATAT TAHAJUDI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILAHI TA'ALA : Aku berniat untuk shalat tahajud dua raka'at karena Alloh.

Sholat Tahajud dalam jumlah rakaatnya tidak di batasi, itu menurut ulama ahli Piqih, adapaun yang mengatakan jumlah 8 Raka'at maksimalnya12 rakaat, maka silahkan sahabat laksanakan, yang penting dalam hal ini kita ambil hikmanya dan berusaha.

Kedudukan Shalat Tahajud, sebagaimana di jelaskan dalam QS Al Isra ayat 79 :

Artinya : Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.

jadi kedudukannya, dapat kita pahami, bahwa shalat Tahajud merupakan shalat sunat yang tinggi nilainya, dikarenakan, dalam pelaksanaannya pada malam hari, yang pada umumnya orang-orang tertidur pulas, disitulah letak dari kemulian shalat sunat tahajud ini.
Untuk itu kita belajar sedikit-demi sedikit, bersyukur kepada yang sudah Istiqomah melaksanakannya, karena itu adalah kasih sayang Alloh SWT kepadanya. asal jangan sekali-kali terselip dalam hatinya dengan ke istiqomahan shalat malamnya ada tujuan ingin di muliakan/di hormati orang itu bahaya namanya Riya.

Lalu setelah Takbiratul Ihram , lanjutkan dengan baca do'a Iftitah sebagaimana dalam sholat Fardhu, kita simak urutannya :



1. Takbiratul Ihram
2. Baca Do'a Iftitah
                                                                 Boleh yang ini :

Shalat Tahajud
 Boleh yang ini Juga :

Shalat Tahajud

3. Baca Surat Al Fatihah


4. Baca Surat setelah Fatihah (boleh surat apa saja), tapi ada yang mengatakan Rakaat ke 1 Surat Al Kafiruun, dan Rakaat ke 2 setelah Fatihah , Surat Al Ikhlas
5. Terakhir Salam

Setelah itu baca Do'a : bisa kita baca Doa yang ini yang biasa dipake oleh sebagian orang yang melaksanakan ibadah Shata Tahajud :

Shalat Tahajud
 Artinya :
“Wahai Allah, Milik-Mu lah segala puji.
Engkaulah penegak & pengurus langit & bumi pun makhluk yg ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa (raja) langit & bumi juga makhluk yg ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah cahaya langit & bumi pun makhluk yg ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah Yg Hak (benar), Janji-Mu lah yg benar, jumpa Dengan-Mu yakni benar, Perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, & hri kiamat itu benar (ada).
Wahai Allah, Cuma Kepada-Mu lah saya berserah diri, cuma Kepada-Mu lah saya beriman, cuma Kepada-Mu lah saya bertawakkal cuma Kepada-Mu lah saya kembali, cuma Dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, & cuma Kepada-Mu lah saya berhukum.
Oleh lantaran itu ampunilah segala dosaku, yg sudah kulakukan & yg (bisa jadi) bakal kulakukan, yg kurahasiakan & yg kulakukan dengan cara terang-terangan, & dosa-dosa yang lain yg Engkau lebih mengetahuinya daripada saya.
Engkaulah Yg Maha Terdahulu & Engkaulah Yg Maha Terakhir. tidak ada Tuhan tidak cuma Engkau, & tidak ada daya upaya & kebolehan kecuali dgn bantuan Allah.”


Setelah Do'anya di baca lalu dilanjutkan dengan membaca " Rabbana Atina Fiddunya Hasanah, Wafil Akhirati Hasanah , Waqina Adzabannar.

Keutamaan Shalat Tahajud 

Shalat Tahajud
 
Lalu Keutamaan dan Hikmah ataupun manfaat yang bisa diperoleh dalam hal melaksanakan shalat tahajud ternyata sangat banyak sekali,  keutamaan Shalat Tahajud, diantaranya :

1. Salah satu Tikek Masuk Surga

Rosulullah bersabda " Hai sekalian manusia, sebarkanlah salam, bagaikan makanan, sambungkanlah silaturahmi, tegakkan-lah shalat malam, saat kebanyakan manusia tertidur, niscaya kalian masuk surha dengan selamay : HR, Ibnu Majah

2. Menjadikan sebuah jalan untuk Taqorrub Ilallah (mendekatkan diri kepada Allah SWT) dan penyembuh dari penyakit-penyakit hati

Rsulullah SAW bersabda  : 

" Dirikanlah Shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat), Mendekatkan diri keppada Allh, shalat malam sebagai penebus perbuatan yang buruk, dan mencegah berbuat maksiat, dan menghindarkan diri dari penyaki jasmani yang menyerang tubuh (HR. Ahmad ).

3. Di Rahmati Allah SWT
4. Akan mendapatkan kemulian, tapi itu bukan dijadikan satu tujuan, tujuan utama adalah sebagai bentuk Rasa Syukur kita kepada Allah SWT.
5. Kemungkinan Do'anya akan terkabulkan,  apa sebabnya karena di malam hari apalagi malam yang utama termasuk sebagaian waktu Saatul ijabah (waktu Ijabah Do'a)

Ayat-ayat Al Qur'an yang menjelaskan betapa pentingnya shalat Malam :

1. QS. Al Isra 17 : 79


 Artinya : Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.

2. QS. Adzariat 51 : ayat 15,16,17,18 

 Artinya :
15. Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air,
16. Sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan.
17. Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. ( maksudnya shalat malam (tahajud)
18. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.
 
3. QS Al Furqon ayat 64 :

Shalat Tahajud
 Artinya :
" Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka "

4. QS. Ali Imran ayat 113


Artinya : 


Mereka itu tidak sama; di antara ahli kitab itu ada golongan yang Berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang).

itu diantara dari sekian banyak ayat suci Al-Qur-an yang menjelaskan tentang keutamaan Shalat Malam (Tahajud)

Semoga Referensi ini , akan menggugah , kesemangatan kita dalam melaksanakan shalat malam, maka saya berharap mudah-mudahan Allah memeberikan kekuatan dan keteguhan iman dan islam kepada kita, Amiin yaa Rabbal 'Alamiin

Selamat Bertahajud.....

0 Response to "Tuntunan Tata Cara Niat dan Doa Sholat Tahajud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel