-->

Kekhususan dan Keutamaan Bulan Ramadhan

Kekhususan dan Keutamaan Bulan Ramadhan -  Keutamaan Bulan Ramadhan sangatlah banyak, karena bulan ini diperuntukan hanya untuk Umatnya Nabi Muhammad SAW, dan tidak diberikan kepada umat-umat nabi-nabi yang lain, oleh karena itu mari kita renungkan dan fahami tentang keutamannya bulan suci Ramadhan ini , sehingga dengan mengetahuinya, mungkin kita semua akan lebih memaksimalkan aktifitas kita di bulan yang penuh dengan  berkah ini.

Kekhususan dan Keutamaan Bulan Ramadhan
Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Mari Kita Simak Kekhususan Bulan Ramadhan

bln. Ramadhan yaitu bln. yang istimewa. Bila cuma itu, kebanyakan orang juga paham. Terkecuali dari harus puasa sepanjang satu bulan, apa kekhususan serta keutamaan bln. Ramadhan yang lain?

1. Saat untuk menggerakkan Rukun Islam yang keempat

Puasa di Bln. Ramadhan bukanlah sembarang puasa loh. Puasa Ramadhan yaitu rukun islam yang ke empat. Jadi bila ada yang meninggalkannya tanpa ada argumen yang pasti, pantas dipertanyakan keislamannya. Hal semacam ini sesuai sama firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 183, “Hai beberapa orang yang beriman, diharuskan atas anda berpuasa seperti diharuskan atas beberapa orang sebelumnya anda supaya anda bertaqwa. ” 

2. Diturunkannya Al Qur’an

Di bln. Ramadhan-lah kitab suci umat Islam di turunkan. Al Qur’an adalah panduan untuk manusia serta berisi diisi ajaran-ajaran agama Islam yang difirmankan oleh Allah SWT pada Rasulullah SAW lewat malaikat Jibril. Barangsiapa membacanya, menghafalnya, belajar serta mengajarkannya, bahkan juga sebatas dengarkan orang yang membacanya, bakal memperoleh ganjaran pahala.

Baca juga : Keutamaan Taubat Nasuha di Bln. Ramadhan

3. Malam seribu bulan
Pada satu diantara malam di bln. Ramadhan tersembunyi malam yang tambah baik dari seribu bln.. Seribu bln. itu sama juga dengan 83 th. 4 bln., lebih lama dari rata-rata usia manusia saat ini. Malam ini dimaksud malam Lailatul Qadar. Malam saat pintu-pintu langit di buka, doa dikabulkan, amalan diganjar seakan beramal sepanjang seribu bln..

Mengenai malam ini Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa membangun shalat saat malam lailatul qadar lantaran iman serta mengharap pahala dari Allah, pasti diampuni dosa-dosanya yang sudah lantas. ” (HadistMuttafaqalaih)

Kejarlah malam istimewa ini dengan seluruh jiwa serta raga. Gunakan peluang berjumpa malam ini dengan perbanyak shalat, membaca Al Qur’an, berzikir, berdoa, serta beramal sholeh yang lain selama bln. Ramadhan, intinya cari diantara malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhirnya.

4. Waktunya membayar zakat

Zakat adalah sisi dari rukun islam. Satu diantara bentuk zakat yaitu zakat fitrah yang dibayarkan pada bln. puasa. Maksud keluarkan zakat yakni sebagai usaha bersihkan diri.

Dalam hadist kisah Abu Dawud serta IbnuMajah, Rasulullah SAW sudah mewajibkan zakat fitrah sebagai penyuci orang yang berpuasa dari kesia-siaan serta perkataan kotor, serta sebagai pemberian pada fakir miskin. Barangsiapa yang membayarkannya sebelumnya shalat Ied jadi zakatnya di terima, serta barangsiapa yang membayarkannya sesudah shalat Ied jadi ia yaitu sedekah umum.

5. Shalat tarawih yang spesial

Berikut shalat yang cuma bisa dikerjakan pada Bln. Ramadhan saja. Shalat Tarawih yaitu shalat yang dikerjakan saat malam hari sesudah shalat fardu Isya serta bisa dikerjakan sampai sebelumnya subuh. Sunnah untuk lakukan shalat tarawih sesuai sama yang dikerjakan Nabi Muhammad SAW serta beberapa sahabatnya.

6. Perang pertama dalam histori islam

Pada bln. ini umat islam untuk pertamakalinya ikut serta dalam peperangan. Perang yang berlangsung pada th. 2 hijriyah ini jadi arena pembuktian eksistensi golongan muslimin. Jadi pembeda pada kawan dengan lawan. Kemenangan dalam perang ini sudah memompa semangat muslim untuk teguh dalam agamanya walau waktu itu jumlah mereka sedikit serta lokasi mereka masihlah kecil.

Waktu itu pasukan muslim berperang melawan rasa takut, rasa iba pada keluarga yang sangat terpaksa diperangi lantaran memusuhi Islam, sampai melawan rasa lapar, haus, serta lemah lantaran berpuasa. Mengingat momen ini mestilah meningkatkan semangat untuk berpuasa dengan baiknya.

7. Waktunya itikaf

Itikaf berarti mengambil keputusan jalinan dengan makhluk untuk menyambungkan penghambaan pada Allah. Mengasingkan diri bermunajatkepada Allah bisa dikerjakan didalam masjid-masjid, terutama sepanjang bln. Ramadhan yang istimewa. Seperti yang sudah disebutkan oleh Aisyah RA, “Bahwasanya Nabi SAW selalu beritikaf pada sepuluh hari paling akhir dari Ramadhan, hingga Allah mewafatkan beliau. ”

8. Umrah berpahala haji

Begitu menarik bukanlah, umrah di bln. Ramadhan nyatanya mempunyai pahala yang teramat besar. Dalam Shahih Imam Bukari diriwayatkan bahwaNabi SAW bersabda : “Umroh di bln. Ramadhan menyamakan Haji, atau beliau bersabda, haji bersamaku. ”

Sekianlah di antara kekhususan serta keutamaan bulanRamadhan. Perbanyaklah amalan di bln. ini lantaran pahala bakal dilipat gandakan. Bila melaksanakan ibadah umum saja, rugi!

0 Response to "Kekhususan dan Keutamaan Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel