-->

Keutamaan Bertaubat Pada Bulan Ramadhan

Keutamaan Bertaubat Pada Bulan Ramadhan - Bulan Ramadan merupakan bulan Istimewa yang diberikan Alloh SWT kepada kita semua, dan dalam Ramdhan ada tiga tahap atau bagian yaitu 10 Pertama Diberikannya Rahmat Alloh, 10 hari kedua, yaitu Magfirah Alloh, untuk itu Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat Pas , untuk kita semua bertaubat dengan sungguh2 untuk mendapatkan Ampunannya.
 
Keutamaan Bertaubat Pada Bulan Ramadhan
 
 
Sahabat sekalian..., Pada bln. Ramadhan adalah waktu yang pas untuk bertaubat. Allah Swt sudah mencurahkan maghfirah atau ampunan-Nya di bln. mulia ini. Jadi, waktunya kita bersungguh-sungguh untuk taubat nasuha.

Taubat yaitu fasilitas kita untuk melakukan perbaikan diri dari dosa serta kekeliruan yang sudah diperbuat. Allah ta’alla berfirman : “Hai beberapa orang yang beriman, bertaubatlah pada Allah dengan taubat nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). ” (QS. At-Tahrim : 8).

Berlomba-lombalah anda pada (memperoleh) ampunan dari Tuhanmu serta surga yang luasnya seluas langit serta bumi, yang disiapkan untuk beberapa orang yang beriman pada Allah serta Rasul-rasul-Nya. Tersebut karunia Allah, diberikan-Nya pada siapa yang diinginkan-Nya. Serta Allah memiliki karunia yang besar (Q. S. Al. Hadid : 21).

Syarat Taubat Nasuha

Oleh karenanya, taubat mempunyai sebagian keutamaan terlebih di bln. Ramadhan. Taubat nasuha mempunyai sebagian prasyarat :

1. Ikhlas bertaubat untuk mencari ridho Allah Swt semata.

2. Memohon ampun serta mohon maaf pada Allah Swt.

3. Menyesali serta mengaku dosa yang sudah diperbuat.

4. Berhenti lakukan dosa.

5. Berkemauan tidak untuk mengulangi dosa serta maksiat yang sudah dikerjakan.

6. Kembalikan hak orang yang pernah didzalimi

7. Bisa juga ditambah dengan lakukan sholat taubat.

Kriteria Orang yang Bertaubat

Terkecuali kriteria taubat yang perlu dipenuhi, terdapat banyak iabadah yang dapat kita kerjakan untuk mengundang limpahan maghfirah, terlebih di bln. Ramadhan ini. Beribadah itu yaitu :

1. Berpuasa di bln. Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda : ”Barangsiapa berpuasa Ramadhan lantaran iman serta mengharap pahala Allah, pasti ia diampuni dosanya yang sudah lantas. ” (Muttafaq ’Alaih).

2. Lakukan sholat terawih serta tahajjud.

Rasulullah SAW bersabda : ”Barangsiapa lakukan shalat malam di bln. Ramadhan lantaran iman serta mengharap pahala Allah, pasti diampuni dosanya yang sudah lantas. ” (Muttafaq ’Alaih)

3. Lakukan sholat serta beribadah pada malam atau sepuluh hari paling akhir di bln. Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda : ”Barangsiapa lakukan shalat pada malam lailatul qadr lantaran iman serta mengharap pahala Allah, pasti ia diampuni dosanya yang sudah lantas. ” (Muttafaq ’Alaih).

Berikan ifthor (makanan untuk berbuka) pada orang yang berpuasa.

Rasulullah SAW bersabda : ”Barangsiapa yang didalamnya (bln. Ramadhan) berikan ifthar pada orang berpuasa, pasti hal semacam itu jadi (sebab) ampunan dari dosa-dosanya, serta pembebasan dari api neraka. ” (H. R. Ibnu Khuzaimah, Al-Baihaqi serta lain-lainnya). Menurut Ibnu Khuzaimah serta Ibnu Hibban hadits ini shahih.

4. Perbanyak dzikir, doa serta istighfar.

Rasulullah SAW bersabda : ”Tuhan kami Yang Maha Suci serta Maha Tinggi turun pada tiap-tiap malam ke langit dunia, (yakni) saat masihlah berjalan sepertiga malam yang akhir seraya berfirman : ”Barangsiapa berdoa kepada-Ku pasti Saya kabulkan untuk dia, barangsiapa memohon kepada-Ku pasti Saya memberi-Nya, serta barangsiapa memohon ampunan kepada-Ku, pasti Saya mengampuninya. ” (H. R. Muslim).

Mari kita memakai bln. Ramadhan sebaik-baiknya untuk mencetak kemenangan dalam mencapai ampunan Allah Swt. 
Sekian dan terima kasih, Mudah-mudahan bermanfaat....


0 Response to "Keutamaan Bertaubat Pada Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel